free web hit counter

Cara Download Mendeley di Laptop

Salam Sobat Sipil!

Download dan instalasi aplikasi Mendeley adalah proses penting bagi banyak mahasiswa dan peneliti yang ingin mengorganisir dan mengelola referensi mereka dengan mudah saat menulis makalah atau tugas. Bagi yang belum paham, Mendeley adalah alat manajemen referensi yang dapat membantu menghemat waktu dan usaha dengan memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelompokkan, dan mengelola referensi mereka dengan mudah.

Nah, supaya Sobat Sipil tidak lagi bingung bagaimana cara mengunduh dan menginstal Mendeley di laptop, berikut adalah panduan terperinci tentang cara download Mendeley di laptop. Simak langsung di bawah ini.

Langkah Pertama: Kunjungi Situs Web Mendeley

Langkah pertama dalam proses download Mendeley di laptop Anda adalah mengunjungi situs web resmi Mendeley di https://www.mendeley.com/download-desktop/. Nah, setelah Anda menuju ke halaman unduhan, Anda akan melihat tombol download Mendeley di desktop yang tersedia di sana. Pastikan tombol download tersebut kompatibel dengan jenis sistem operasi yang Anda gunakan.

Langkah Kedua: Unduh Aplikasi Mendeley

Setelah Anda menemukan tombol unduh Mendeley yang sesuai dan cocok dengan sistem operasi laptop Anda, segera klik tombol unduh tersebut. Unduh file aplikasi Mendeley dengan tepat dan tunggu hingga proses unduhan selesai. Pastikan Anda sudah terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil dan cepat, supaya tidak terjadi kegagalan unduh.

Langkah Ketiga: Instal Aplikasi Mendeley

Setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi Mendeley, selanjutnya tinggal instalasi. Temukan file Mendeley yang sudah terunduh, seperti biasa klik dua kali pada file installer. Secara otomatis, proses instalasi akan dimulai segera setelah Anda membuka file aplikasi Mendeley tersebut.

Langkah Keempat: Pilih Bahasa

Selanjutnya adalah memilih bahasa. Mendeley tersedia dalam berbagai bahasa, tetapi versi default-nya menggunakan bahasa Inggris. Jika ingin mengatur bahasa lain, Anda dapat memilih opsi Bahasa kemudian pilihlah bahasa yang Anda inginkan dengan klik tombol pilihan.

Langkah Kelima: Pilih Aplikasi untuk Dipasangkan

Jika Anda ingin menggunakan fungsi tahapan selanjutnya, pilih dua opsi yang tersedia berikutnya dan klik tombolainnya. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang ingin dipasangkan dengan Mendeley. Pilihlah aplikasi yang akan digunakan dengan Mendeley, kemudian klik Next.

Langkah Keenam: Konfirmasi Data Personal

Pada langkah berikutnya, Mendeley akan meminta Anda untuk memasukkan data personal Anda seperti Email, nama dan Password. Nah, pastikan Anda mengisi data tersebut dengan baik dan benar supaya akun Mendeley yang Anda buka berfungsi dengan baik.

Langkah Ketujuh: Konfirmasi Akun Anda

Setelah selesai mengisi data personal, Mendeley kemudian akan mengirimkan kode verifikasi ke email yang Anda cantumkan. Kemudian buka email Anda, temukan kode verifikasi, dan masukan kode tersebut di kolom verifikasi yang tersedia. Setelah itu tekan tombol Next.

Langkah Kedelapan: Instal Plugin Browser

Plugin dan fitur untuk mengumpulkan referensi artikel online hanyalah sebagian kecil dari semua fitur yang disediakan oleh Mendeley. Pada saat ini, Mendeley juga menyediakan plugin untuk beberapa browser seperti Chrome dan Firefox. Jadi, ketika sobat log in dengan akun Mendeley, sobat dapat mengakses referensi langsung dari halaman web.

Langkah Terakhir: Login Akun Mendeley Anda

Anda telah berhasil melakukan download dan instal aplikasi Mendeley. Namun, sebelum Anda dapat mulai menggunakan Mendeley sebagai pengelola referensi atau membuat daftar citra, Anda perlu mendaftarkan dan login ke akun Anda terlebih dahulu.

STEP INSTRUCTIONS
Step 1 Visit the official website of Mendeley at https://www.mendeley.com/login/
Step 2 Fill out the login credentials carefully i.e., email and password

FAQ

1. Apakah Mendeley bisa digunakan secara gratis?

Jawabannya, ya, Mendeley bisa digunakan secara gratis.

2. Mengapa saya harus mengunduh aplikasi Mendeley?

Karena aplikasi Mendeley memungkinkan Sobat Sipil untuk mengelola dan mengelompokkan referensi dengan lebih mudah dan efisien.

3. Apakah Mendeley memungkinkan saya mengunduh referensi melalui internet?

Ya, Sobat Sipil bisa mengunjungi situs web resmi Mendeley untuk men-download referensi artikel dan buku pilihan secara lengkap.

4. Bagaimana saya bisa membuat akun Mendeley secara gratis?

Anda bisa mendaftar akun Mendeley secara gratis melalui situs web resmi Mendeley. Isi data diri dan konfirmasi akun Anda.

5. Bisa kah Mendeley memproses referensi dalam format file tertentu?

Ya. Mendeley bisa memproses referensi dalam format yang berbeda seperti PDF dan Microsoft Word.

6. Apakah saya bisa mencetak referensi yang saya unduh di Mendeley?

Ya, Sobat Sipil bisa mencetak referensi yang sudah diunduh melalui Mendeley dalam format PDF.

7. Bisakah Mendeley Pointing bekerja pada Google Docs ​​tanpa instalasi aplikasi?

Tidak. Anda perlu menginstal aplikasi plug-in Mendeley di Google Docs ​​sebelum Anda bisa menggunakan fitur ini.

8. Bagaimana cara saya menambahkan referensi ke Mendeley Desktop dari file yang telah saya unduh?

Anda dapat menambah referensi dari dokumen yang telah diunduh ke Mendeley Desktop dengan mengklik tombol “Tambahkan file” yang terdapat pada panel ke kanan pada jendela utama Mendeley Desktop.

9. Apakah Mendeley bisa digunakan secara offline?

Ya. Sobat Sipil bisa menggunakan fitur offline mode di Mendeley untuk mendapatkan akses ke referensi yang sudah diunduh.

10. Bagaimana Mengaktifkan Mendeley Desktop Sync?

Cukup masuk ke akun Anda di Mendeley Desktop dan klik opsi Sync. Anda akan melihat pengaturan sinkronisasi di menu pengaturan.

11. Apa fungsi grup di Mendeley?

Fungsi grup di Mendeley memungkinkan sobat untuk bekerja sama dan berbagi referensi dengan rekan-rekan dalam kelompok tertentu.

12. Apakah saya bisa mengekspor referensi dari Mendeley ke program lain?

Tentu saja bisa. Mendeley Desktop memungkinkan sobat untuk mengekspor referensi ke format tertentu seperti MS Word atau LaTeX.

13. Apa saja kekurangan Mendeley?

Meskipun sangat bagus untuk mengelola referensi, namun Mendeley tidak cocok untuk pengguna yang memiliki banyak kalender atau jadwal pengembalian. Kemampuan dalam hal mengambil kata kunci juga kurang akurat dalam hal ini.

Kesimpulan

Dalam tulisan tersebut, kita telah mempelajari cara download Mendeley di laptop secara benar. Dari proses download, instalasi, bahasa, pemasangan plugin, dan login akun, semuanya terdapat di guide di atas. Mendeley memang sangat berguna untuk membantu mahasiswa dan peneliti yang sibuk, sehingga mereka dapat menghemat waktu dan usaha dalam mengatur referensi mereka.

Banyak keuntungan yang bisa didapat dari menggunakan Mendeley dalam mengorganisir referensi penelitian, namun tentunya diikuti oleh beberapa kekurangan. Akan tetapi, setiap produk pasti memiliki kelemahan. Kesimpulannya, kita sangat merekomendasikan Mendeley bagi mahasiswa dan peneliti untuk mengelola dan mengelompokkan referensi mereka menjadi lebih teratur dan efektif.

Bagaimana Menurut Anda?

Anda setuju bahwa aplikasi Mendeley bagus untuk mengelola referensi sedemikian rupa? Atau, mungkin Anda memiliki masukan atau saran yang lebih tepat bagi pengguna lain Kita ingin mendengar pendapat Anda. Mohon sampaikan di kolom komentar di bawah.

Disclaimer

Segala bentuk pendapat dan saran dalam artikel ini 100% didasarkan pada pengalaman kami selaku penulis dalam menggunakan aplikasi Mendeley secara teratur. Namun, konten ini hanya bersifat informasi saja dan bagi pembaca yang ingin mengikuti petunjuk di artikel ini harus berhati-hati dan bertindak sesuai dengan informasi dan nasihat dari ahli terkait.