free web hit counter

Cara Membuat Google Classroom di Laptop

Contents: show

Cara Membuat Google Classroom di Laptop yang Mudah dan Efektif

Sobat Sipil, semakin berkembangnya teknologi dan era digital yang semakin maju, membuat dunia pendidikan turut merubah cara belajar dan mengajar. Kemudahan akses dan interaksi online kini memungkinkan siswa dan guru dapat saling berkomunikasi maupun melakukan proses belajar mengajar tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dalam hal ini, Google Classroom hadir sebagai platform e-learning yang bisa memudahkan proses pembelajaran berbasis online.

Google Classroom merupkan alat pembelajaran dan pengajaran yang telah disediakan oleh Google, sehingga dapat memudahkan guru dalam mengatur, membuat, mengelola tugas, serta bersama-sama memberi tugas dan diskusi kepada siswa melalui satu konferensi ruangan virtual yang aman dan mudah digunakan.

Namun, untuk melakukan pemanfaatan platform ini, sobat sipil perlu memahami langkah-langkah cara membuat Google Classroom di laptop. Berikut ulasan lengkapnya.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Google Classroom di Laptop

Sebelum memulai tahap pembuatan, ada baiknya sobat sipil memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Google Classroom sebagai platform e-learning yang popular.

Kelebihan Cara Membuat Google Classroom di Laptop

1. Mudah Digunakan

Sistem pengoperasian dan desain interface google classroom yang sederhana dan mudah dimengerti, memungkinkan pengguna dapat dengan mudah mengatur, membuat dan mengelola kelas secara online dalam satu aplikasi.

2. Interaksi Pembelajaran yang Lebih Intensif

Dengan Google Classroom, Sobat Sipil bisa dengan mudah berinteraksi dengan siswa. Setiap siswa dapat diskusi dan bertanya apa saja tentang topik yang dibahas pada kelas.

3. Dapat menjadikan proses belajar mengajar lebih efisien

Dengan adanya platform Google Classroom, proses penilaian dan administrasi tugas menjadi lebih efisien dan terstruktur.

4. Semua Data Terarsip dengan Baik

Google Classroom memainkan peran penting dalam menyimpan dan memasukkan informasi dalam satu tempat dan secara otomatis bisa mengorganisasikan informasi dan arsipnya dalam folder selepas dari satu kelas ke kelas yang lain.

5. Dapat diakses secara gratis dengan Akun Google

Baik siswa maupun guru, dapat mengakses aplikasi Google Classroom secara gratis hanya dengan akun Google masing-masing.

6. Menjadi Solusi Alternatif dalam PBM selama Pandemi Covid-19

Selain digunakan dalam pembelajaran sehari-hari, proses belajar mengajar saat pandemi Covid-19 pun dapat dilakukan dengan mudah dan efektif melalui Google Classroom yang dapat diakses nyaris di mana saja hanya dengan koneksi internet.

7. Penerapan Teknologi yang Berkembang

Dalam pengajaran di dunia modern saat ini, segala sesuatunya bisa dilakukan secara digital dan dengan internet. Oleh karena itu, google classroom menjadi solusi modern yang menyediakan pembelajaran yang tidak hanya menarik, tetapi efisien dan mudah diakses di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.

Kekurangan Cara Membuat Google Classroom di Laptop

1. Keterbatasan Informasi yang Tersedia

Google Classroom, meski dapat memfasilitasi proses belajar mengajar, namun terkadang pengguna dibatasi pada batas tertentu dalam mengakses informasi.

2. Keterbatasan Fitur

Terdapat beberapa fitur pada Google Classroom yang tidak tersedia atau terbatas untuk digunakan.

3. Keterbatasan Interaction

Pada Google Classroom, hanya terdapat interaksi antara guru dan siswa. Kurangnya interaksi antar siswa hal ini tentu membuat siswa kurang cenderung mengembangkan interaksi dengan siswa lain, bisa juga mengurangi kesempatan siswa untuk memperluas wawasan dan belajar sama-sama.

4. Tidak Dapat Diakses Saat Offline

Aplikasi Google Classroom hanya dapat diakses ketika pengguna terhubung dengan internet. Sehingga jika koneksi internet terputus, siswa dan guru tidak dapat akses ke kelas.

5. Diperbarui Terus-Menerus

Pembaruan berkelanjutan pada Google Classroom dapat membingungkan bagi pengguna baru.

6. Tidak Dapat Menggunakan Akun yang Berbeda

Pada Google Classroom, kita hanya bisa menggunakan 1 akun untuk mengakses semua kelas, sehingga setiap individu harus memiliki akun Google yang berbeda untuk setiap kelas.

7. Tidak dapat mengatur waktu pilihan tugas

Pada Google Classroom, guru dapat mengatur tugas dengan waktu deadline tetap, namun tidak dapat mengatur waktu tugas yang diberikan sebagai pilihan.

Table: Panduan Lengkap Cara Membuat Google Classroom di Laptop

No. Tahapan Deskripsi
1 Buka Google Classroom dari Browser Setelah membuka browser secara acak pada laptop, tentunya kita dapat mengetik Google Classroom pada kolom pencarian, kemudian tekan enter. Langkah pertama untuk membuat Google Classroom di laptop Anda adalah membuka Google Classroom.
2 Masuk dengan Akun Google Setelah berhasil membuka akun Google Classroom, masuk ke dalam akun Google Classroom dengan akun Google milik Anda, dan buat atau tambahkan kelas baru.
3 Tambahkan Siswa Ke Kelas Anda Pilih option/tombol “People” dan klik “Invite students” kemudian copy link tautan untuk di-share kepada siswa.
4 Membuat Materi Pelajaran Pada bagian “Classwork,” maka pastikan bahwa jadwal pelajaran sudah ditentukan dan klik “Create an Assignment” dan tuliskan crontoh pelajaran yang Anda inginkan dan berikan pengaturan lainnya sesuai kebutuhan pelajaran.
5 Mengirim Tugas Setelah Anda selesai membuat pelajaran atau tugas baru, informasikan kepada siswa tentang tugas baru yang akan diberikan dan pastikan siswa sudah mengakses materi pelajaran.
6 Mengevaluasi Tugas dan Pekerjaan Siswa Tugas yang telah dikirimkan oleh siswa akan masuk dalam kolom pengumpulan tugas, dan setelah melakukan evaluasi, dapat disimpulkan berdasarkan persentase keberhasilan masing-masing siswa.
7 Menyimpan Hasil Evaluasi dan Nilai Siswa Setelah melakukan evaluasi pada tugas yang dikumpulkan oleh siswa, pastikan bahwa nilai siswa tersimpan secara baik dan benar di dalam sistem.

13 FAQ Mengenai Cara Membuat Google Classroom di Laptop

1. Apa itu Google Classroom?

Google Classroom merupakan platform online e-learning yang dipergunakan oleh berbagai sekolah dan lembaga pendidikan untuk membantu para guru dan siswa dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar secara daring.

2. Apa kelebihan Google Classroom?

Google Classroom memudahkan pengguna, khususnya guru dan siswa, untuk berinteraksi satu sama lain dalam proses belajar mengajar yang efektif dan aman, dan juga dapat diakses dengan akun Google secara gratis.

3. Apakah Google Classroom bisa diakses dari laptop?

Ya, Google Classroom dapat diakses dari berbagai perangkat, termasuk laptop.

4. Apakah browser yang bisa digunakan untuk mengakses Google Classroom?

Browser seperti Chrome, Firefox atau Safari dapat digunakan untuk mengakses Google Classroom.

5. Apakah membutuhkan internet untuk mengakses Google Classroom?

Ya, untuk dapat mengakses Google Classroom, pengguna harus terhubung dengan koneksi internet.

6. Apa saja langkah untuk membuat Google Classroom di laptop?

Beberapa langkahnya antara lain: buka Google Classroom dari browser, masuk dengan akun Google Anda, buat atau tambahkan kelas baru, tambahkan siswa ke kelas Anda, membuat materi pelajaran, mengirimkan tugas, mengevaluasi tugas dan pekerjaan siswa dan menyimpan hasil evaluasi dan nilai siswa.

7. Apakah ada biaya yang dikenakan untuk mengakses Google Classroom?

Tidak ada biaya yang dikenakan untuk mengakses Google Classroom. Pengguna hanya perlu memiliki akun Google.

8. Apakah Google Classroom cocok untuk pembelajaran online?

Ya, Google Classroom cocok untuk pembelajaran online karena dapat memfasilitasi proses belajar mengajar secara virtual dan menyimpan seluruh informasi dalam satu tempat secara otomatis.

9. Bagaimana cara bergabung dengan Google Classroom sebagai siswa?

Untuk bergabung dengan Google Classroom sebagai siswa, Anda memerlukan tautan undangan dari guru dan menggunakan akun Google.

10. Apa yang bisa dilakukan jika terdapat kesalahan dalam membuat tugas pada Google Classroom?

Anda dapat menghapus ataupun mengedit tugas tersebut pada Google Classroom jika terdapat kesalahan dalam membuatnya.

11. Apakah Google Classroom termasuk konferensi video?

Tidak, Google Classroom tidak termasuk konferensi video. Namun, pengguna dapat menambahkan tautan dari aplikasi konferensi video lainnya di materi pelajaran.

12. Apakah mata pelajarannya hanya sebatas perkuliahan sekolah?

Tidak, pengguna dapat menambahkan jenis mata pelajaran sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan belajar mengajar.

13. Bagaimana cara mengatur waktu pengiriman tugas pada Google Classroom?

Guru dapat mengatur waktu deadline pada setiap tugas, namun guru tidak dapat mengatur waktu tugas sebagai pilihan.

7 Kesimpulan

Setelah memahami langkah-langkah tentang cara membuat Google Classroom di laptop, dapat diambil beberapa kesimpulan antara lain:

1. Google Classroom merupakan platform e-learning yang efektif dan mudah diakses.

2. Google Classroom melakukan perbaruan berkelanjutan, agar pengguna selalu siap dan ter-update.

3. Google Classroom juga cocok digunakan untuk proses belajar mengajar di luar sekolah, seperti dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini.

4. Google Classroom tidak hanya digunakan oleh guru dan siswa, namun juga dapat digunakan oleh orang tua dalam mengawasi proses belajar mengajar.

5. Google Classroom memudahkan pengguna dalam menyimpan dan mengakses data secara online.

6. Google Classroom memfasilitasi proses atau gambaran administrasi tugas dengan lebih efektif.

7. Google Classroom memberi kemudahan dan juga membuka peluang bagi semua kalangan untuk belajar secara daring.

Penutup

Semoga dengan tulisan ini, sudah dapat memberi penjelasan secara detil mengenai cara membuat Google Classroom di laptop dan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Diharapkan tulisan ini dapat memberi gambaran yang lebih jelas bagi para guru dan siswa dalam menggunakan platform Google Classroom sebagai alat pembelajaran dan pengajaran secara online.