free web hit counter

cara menginstal aplikasi zoom di laptop

Cara Menginstal Aplikasi Zoom di Laptop

Pendahuluan

Salam Sobat Sipil! Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, banyak orang memilih untuk bekerja atau belajar dari rumah sebagai tindakan untuk mencegah penyebaran virus. Hal ini memicu popularitas software video conference seperti Zoom yang memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan orang lain secara virtual. Namun, Anda mungkin masih bingung tentang cara menginstal aplikasi Zoom di laptop Anda. Di artikel ini, kami akan membahas langkah demi langkah cara menginstal aplikasi Zoom di laptop.

Sebelum kita mulai, kita perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari menginstal aplikasi Zoom di laptop. Mengetahui hal ini akan membantu kita memutuskan apakah aplikasi ini cocok bagi kita atau tidak. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan cara menginstal aplikasi Zoom di laptop:

Kelebihan

1. Mudah digunakan – Zoom sangat mudah digunakan dan dirancang untuk memungkinkan pengguna untuk memulai rapat dalam beberapa detik.

2. Fasilitas rapat online yang lengkap – Zoom menyediakan banyak fitur rapat online seperti screen sharing, virtual background, breakout room, dan masih banyak lagi.

3. Bisa dipakai pada banyak platform – Zoom tersedia pada desktop, laptop, tablet, dan smartphone. Anda juga tidak perlu memiliki akun untuk mengikuti rapat jika diundang oleh seseorang yang sudah memiliki akun Zoom.

4. Gratis untuk digunakan – Zoom menawarkan paket dasar gratis yang memungkinkan pengguna mengadakan rapat online dengan durasi maksimum 40 menit dan jumlah peserta maksimum 100 orang.

5. Lebih efektif dibandingkan email atau telepon biasa – Zoom memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung dengan senyuman dan bahasa tubuh sehingga lebih efektif dibandingkan email atau telepon biasa.

6. Memudahkan rapat jarak jauh – Zoom memudahkan rapat jarak jauh sehingga pengguna tidak perlu repot-repot datang ke kantor.

7. Terintegrasi dengan Outlook, Gmail dan perangkat lunak kalender lainnya – Zoom terintegrasi dengan kalender dan aplikasi email favorit Anda sehingga memudahkan Anda untuk mengatur jadwal rapat.

Kekurangan

1. Masalah privasi – Zoom pernah mengalami masalah privasi yang sangat kontroversial dan merugikan penggunanya.

2. Kebutuhan kuota internet yang cukup besar – Zoom memakan banyak kuota internet dan memerlukan koneksi internet yang stabil.

3. Kurangnya fitur keamanan – Zoom memiliki beberapa kelemahan keamanan yang memungkinkan orang yang tidak diundang untuk masuk ke dalam rapat.

4. Bayar untuk fitur lebih banyak – Pilihan gratis dari Zoom tidak memiliki banyak fitur, Anda harus membayar untuk fitur yang lebih lengkap.

5. Tidak sepenuhnya ramah Inklusi – Beberapa pengguna Zoom telah melaporkan masalah aksesibilitas yang signifikan dalam aplikasi, yang membuat rapat online lebih sulit bagi orang dengan kebutuhan khusus.

6. Butuh keterampilan teknis – Zoom bisa jadi sulit untuk digunakan bagi orang yang tidak berpengalaman dengan teknologi.

7. Terjadi gangguan teknis – Seperti halnya aplikasi lain, Zoom bisa mengalami kesalahan teknis dan perlu waktu untuk memulihkan diri.

Cara Menginstal Aplikasi Zoom di Laptop

Sekarang kita akan membahas cara menginstal aplikasi Zoom di laptop. Pastikan laptop Anda terhubung dengan internet sebelum memulai proses instalasi.

Langkah 1: Unduh Aplikasi Zoom

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Zoom dari website resmi Zoom.

Langkah:

No. Langkah Deskripsi Emoji
1 Buka website Zoom Buka browser dan kunjungi website resmi Zoom. 🌐
2 Pilih “Download” Pilih tombol “Download” di sudut kanan atas website. 👆
3 Pilih paket yang sesuai Pilih paket aplikasi Zoom yang sesuai dengan laptop Anda. 📦
4 Unduh aplikasi Tunggu hingga aplikasi Zoom selesai diunduh dan simpan file aplikasi di laptop Anda.

Langkah 2: Pasang Aplikasi Zoom

Setelah aplikasi Zoom berhasil diunduh, langkah selanjutnya adalah memasangnya di laptop Anda.

Langkah:

No. Langkah Deskripsi Emoji
1 Double click installer Zoom Buka file aplikasi Zoom yang baru saja Anda unduh dan double click pada file tersebut. 👀
2 Pilih “Yes” jika muncul notifikasi Pilih “Yes” jika muncul notifikasi untuk memasang aplikasi Zoom. 👍
3 Ikuti petunjuk instalasi Ikuti petunjuk instalasi yang muncul pada layar. 👨🏽‍💻
4 Tunggu hingga selesai Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai terpasang di laptop Anda.

Langkah 3: Buat Akun Zoom

Selanjutnya, Anda harus membuat akun Zoom sehingga bisa masuk dan menggunakan aplikasi Zoom.

Langkah:

No. Langkah Deskripsi Emoji
1 Buka aplikasi Zoom Buka aplikasi Zoom yang baru saja Anda pasang di laptop. 👀
2 Pilih “Sign Up” Pilih tombol “Sign Up” di sudut kanan atas aplikasi. 📝
3 Isi data yang diperlukan Masukkan data pribadi yang diperlukan seperti nama, email, dan password. Pastikan data yang Anda masukkan akurat dan mudah diingat. 📝
4 Verifikasi akun Anda akan menerima email verifikasi dari Zoom. Buka email tersebut dan verifikasi akun Zoom Anda. 📧

Langkah 4: Mulai Menggunakan Aplikasi Zoom

Setelah semua langkah di atas selesai, Anda sudah bisa mulai menggunakan aplikasi Zoom. Lihat tutorial berikut ini untuk mempelajari cara menggunakannya:

Langkah:

No. Langkah Deskripsi Emoji
1 Buka aplikasi Zoom Buka aplikasi Zoom yang baru saja Anda pasang di laptop. 👀
2 Pilih “Start Meeting” Pilih tombol “Start Meeting” untuk memulai rapat online. 👆
3 Atur pengaturan Atur pengaturan rapat online seperti nama rapat dan password agar rapat lebih aman. ⚙️
4 Undang peserta rapat Undang peserta rapat melalui email atau salin link rapat dan kirimkan melalui aplikasi messenger. 📧

FAQ

Bagaimana cara melakukan update aplikasi Zoom di laptop?

Anda bisa melakukan update aplikasi Zoom di laptop melalui pengaturan aplikasi ini. Saat Anda membuka aplikasi Zoom, cari menu pengaturan (Settings) dan pilih opsi “Check for Updates”. Jika ada update yang tersedia, ikuti instruksi pengunduhan untuk memperbarui aplikasi Zoom Anda.

Berapa kapasitas minimal laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi Zoom?

Zoom memerlukan processor minimal Intel i5 dengan 2,0 GHz atau AMD yang setara dan kapasitas RAM sebesar 4 GB atau lebih. Laptop harus menjalankan sistem operasi Windows 7 atau yang lebih baru atau macOS 10.9 atau yang lebih baru.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom di laptop?

Setelah aplikasi Zoom diinstal, Anda bisa menggunakannya dengan membuka aplikasi tersebut dan memilih opsi “Join a Meeting” atau “Start a Meeting” yang tersedia di menu informasi rapat yang diberikan oleh host.

Berapa kuota internet yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi Zoom?

Zoom memakan banyak kuota internet dan memerlukan koneksi internet yang stabil. Untuk rapat 1 jam, kuota internet yang dibutuhkan adalah sekitar 1 GB, namun Anda bisa memilih opsi rendah (low) untuk mempertahankan Kuota internet Anda.

Apakah aplikasi Zoom bisa dipakai pada smartphone/tablet?

Ya, Zoom tersedia pada desktop, laptop, tablet, dan smartphone. Anda bisa mengunduh aplikasi Zoom di Apple Store (iOS) dan Google Play Store (Android).

Bagaimana cara mengubah nama display di aplikasi Zoom?

Anda bisa mengubah nama display di aplikasi Zoom dengan cara membuka pengaturan aplikasi tersebut dan memilih opsi “Personal” dan kemudian memilih “Profile”. Di sana, Anda bisa mengubah nama display dan gambar profil.

Bagaimana cara mematikan suara mikrofon di aplikasi Zoom?

Anda bisa mematikan suara mikrofon di aplikasi Zoom dengan menekan tombol mikrofon di layar Zoom.

Bagaimana cara keluar dari aplikasi Zoom?

Anda bisa keluar dari aplikasi Zoom dengan menekan tombol “Leave Meeting” di layar Zoom.

Apakah bisa merekam rapat yang dilakukan di aplikasi Zoom?

Ya, Zoom menawarkan fitur perekaman rapat. Saat rapat berlangsung, cari tombol “Record” di layar Zoom dan tekan tombol tersebut untuk memulai perekaman.

Bagaimana cara mengatur latar belakang virtual di aplikasi Zoom?

Anda bisa mengatur latar belakang virtual di aplikasi Zoom dengan cara membuka pengaturan aplikasi tersebut dan memilih opsi “Virtual Background” dan kemudian memilih gambar yang diinginkan untuk digunakan sebagai latar belakang virtual.

Bagaimana cara menambahkan peserta rapat di aplikasi Zoom?

Anda bisa menambahkan peserta rapat di aplikasi Zoom dengan memberikan mereka tautan rapat yang dihasilkan oleh aplikasi Zoom atau mengundang mereka secara langsung melalui email.

Apakah aplikasi Zoom bisa digunakan pada beberapa perangkat secara bersamaan?

Ya, aplikasi Zoom mendukung penggunaan pada beberapa perangkat secara bersamaan sehingga Anda bisa masuk ke rapat dengan dua perangkat atau lebih.

Bagaimana cara mencegah masalah keamanan pada aplikasi Zoom?

Anda bisa mencegah masalah keamanan pada aplikasi Zoom dengan memastikan Anda memakai password rapat, menunggu hingga semua peserta rapat masuk sebelum memulai rapat, memastikan ruang rapat Anda aman, dan memastikan aplikasi Zoom terbaru terpasang di laptop Anda.

Berapa jumlah maksimum peserta rapat Zoom yang bisa bergabung?

Zoom menawarkan beberapa paket dengan batasan jumlah maksimum peserta. Paket dasar yang gratis memungkinkan maksimum 100 peserta. Jumlah peserta bisa ditingkatkan dengan membayar paket yang lebih mahal.

Bagaimana cara mengatur basic control dalam rapat Zoom?