free web hit counter

Tutorial Membuat Soal di Google Form

Mudah dan Praktis

Sobat Sipil, selama ini kita sering menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti ujian, survei, voting, atau quiz dengan membagikan kertas dan manual penghitungan hasilnya. Namun, kini teknologi semakin berkembang, semua hal bisa dilakukan secara digital dengan memanfaatkan Google Form. Aplikasi gratis ini bisa kita gunakan untuk membuat soal yang mudah, praktis, dan efisien. Nah, dalam artikel ini akan dibahas tentang cara membuat soal di Google Form lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Ayo simak!

Pendahuluan

Sekilas Mengenai Google Form

Google Form adalah aplikasi yang tergabung dalam layanan Google Drive. Aplikasi ini memungkinkan kita membuat formulir, survei, kuis, dan sebagainya dengan mudah dan gratis. Beberapa kelebihan Google Form yang patut disebutkan adalah:

Kelebihan

Kekurangan

1. Mudah digunakan dan didesain secara simpel

2. Gratis dan dapat diakses dengan akun Google

3. Dapat menampung banyak peserta dan soal

4. Otomatis menyimpan data ke Google Drive

5. Mudah dibagikan via email atau link

6. Bisa dikembangkan dengan add-ons

1. Terbatas pada fitur dasar

2. Tidak menyediakan fitur pengisian kuesioner offline

3. Soal dan jawaban mudah disalin serta terbuka untuk umum

Cara Membuat Soal di Google Form

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Google Form, langkah berikutnya adalah mempelajari cara membuat soal di dalamnya. Ada tiga jenis soal yang dapat dibuat, yaitu Multiple Choice, Checkbox, dan Short Answer. Masing-masing jenis soal mempunyai cara pembuatan dan karakteristik yang berbeda. Berikut penjelasannya:

Membuat Soal Multiple Choice

1. Klik ‘Blank’

Pertama, klik ‘Blank’ pada ‘Start a new form’. Kemudian setelah muncul pop-up, klik ‘Form’ untuk mengatur judul, deskripsi, dan tema form. Ada pilihan seperti header, subheader, dan pengaturan warna tema.

2. Tambahkan Pertanyaan

Kedua, klik ‘+ Add question’ untuk menambahkan pertanyaan. Sedangkan untuk mengatur jenis soal, klik ‘Multiple Choice’ dan kemudian masukkan pertanyaan dan pilihan jawaban. Untuk setiap pertanyaan, maksimal terdiri dari lima pilihan jawaban.

3. Klik ‘Done’

Ketiga, setelah selesai mengatur pertanyaan, klik ‘Done’ untuk menyimpan. Selanjutnya, kita bisa menambahkan pertanyaan lain atau melakukan pengaturan seperti melihat pratinjau, mengekspor ke excel, atau membagikan form ke orang lain.

Membuat Soal Checkbox

1. Klik ‘Blank’

Sama seperti membuat soal multiple choice, pertama klik ‘Blank’ pada ‘Start a new form’. Kemudian setelah muncul pop-up, Klik ‘Form’ untuk mengatur judul, deskripsi, dan tema form. Ada pilihan seperti header, subheader, dan pengaturan warna tema.

2. Tambahkan Pertanyaan

Kedua, klik ‘+ Add question’ untuk menambahkan pertanyaan. Lalu, klik ‘Checkbox’. Setelah itu, masukkan pertanyaan dan beberapa pilihan jawaban. Perbedaan dengan multiple choice adalah, peserta bisa memilih lebih dari satu jawaban.

3. Klik ‘Done’

Terakhir, klik ‘Done’ untuk menyimpan. Agar lebih interaktif, kita juga bisa menambahkan gambar atau video pada soal checkbox. Selesai!.

Membuat Soal Short Answer

1. Klik ‘Blank’

Klik ‘Blank’ pada ‘Start a new form’. Kemudian setelah muncul pop-up, klik ‘Form’ untuk mengatur judul, deskripsi, dan tema form. Ada pilihan seperti header, subheader, dan pengaturan warna tema. Sama seperti jenis soal sebelumnya.

2. Tambahkan Pertanyaan

Setelah itu, klik ‘+ Add question’ untuk menambahkan pertanyaan. Kali ini, pilih ‘Short Answer’. Masukkan pertanyaan dan atur jumlah minimal atau maksimal kata yang harus diisi oleh peserta.

3. Klik ‘Done’

Selanjutnya, klik ‘Done’ untuk menyimpan. Dalam jenis soal ini, kita juga bisa menambahkan kunci jawaban untuk menilai jawaban peserta dengan lebih mudah.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Google Form

1. Mudah Digunakan dan Digunakan Secara Gratis

Google Form didesain secara simpel dan tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam untuk menggunakannya. Selain itu, Google Form bisa diakses dengan akun Google secara gratis.

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Google Form memudahkan kita dengan otomatis menghitung hasil dan menyimpan data responden. Sehingga tidak memerlukan waktu ekstra untuk menghitung secara manual atau biaya untuk mencetak kertas.

3. Dapat Menampung Banyak Peserta dan Soal

Google Form memungkinkan kita untuk membuat pertanyaan dalam jumlah banyak dan menerima lebih dari 1000 responden dalam satu kali pengisian. Dengan demikian, Google Form sangat cocok digunakan untuk kegiatan survei atau voting yang diikuti orang banyak.

4. Mudah Membagikan dan Dapat Dikembangkan Dengan Add-ons

Google Form bisa dibagikan melalui email atau link dengan hanya satu kali klik. Selain itu, banyak add-ons yang dapat diinstal untuk menambahkan fitur dan ada pilihan template sehingga mudah menyesuaikan tema.

Kekurangan Google Form

1. Terbatas Pada Fitur Dasar

Google Form memang memudahkan, namun terbatas pada fitur dasar. beberapa fitur seperti melihat laporan real-time harus dilakukan secara manual dengan melihat lembar kolaborasi di Google Drive.

2. Tidak Menyediakan Fitur Pengisian Kuesioner Offline

Google Form membutuhkan koneksi internet untuk bisa diakses, jadi tidak bisa digunakan kalau tidak ada jaringan internet.

3. Soal Dan Jawaban Mudah Disalin Serta Terbuka Untuk Umum

Google Form memang gratis, namun soal dan jawaban yang kita buat bisa disalin oleh orang lain. Sehingga kita perlu waspada dengan informasi sensitif yang kita tampilkan pada soal dan jawaban tersebut.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu Google Form?

Google Form adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat kuis, survei, dan formulir online di Google Drive. Aplikasi ini gratis dan sangat mudah digunakan.

2. Apa saja jenis soal yang tersedia di Google Form?

Ada tiga jenis soal yang bisa dibuat di Google Form yaitu: Multiple Choice, Checkbox, dan Short Answer.

3. Apakah Google Form berbayar?

Tidak, Google Form gratis dan bisa diakses dengan akun Google.

4. Bagaimana cara membagikan Google Form ke orang lain?

Google Form bisa dibagikan melalui email atau link dengan hanya satu kali klik.

5. Apa kelebihan Google Form?

Banyak kelebihan yang dimiliki oleh Google Form di antaranya mudah digunakan, gratis, dapat menampung banyak peserta dan soal, serta mudah dibagikan via email atau link.

6. Bagaimana cara menghitung hasil Google Form?

Google Form secara otomatis akan menghitung hasil dari masing-masing jawaban peserta. Namun, untuk mengetahui laporan secara real-time harus dilakukan secara manual dengan melihat lembar kolaborasi di Google Drive.

7. Apakah Google Form bisa dikembangkan dengan add-ons?

Ya, Google Form sangat mudah untuk dikembangkan dengan add-ons. Ada banyak add-ons yang tersedia untuk menambahkan fitur dan ada pilihan template sehingga mudah menyesuaikan tema.

8. Apakah ada batasan jumlah pertanyaan dan jawaban yang bisa dimasukkan di Google Form?

Tidak ada batasan jumlah pertanyaan dan jawaban untuk setiap kategori soal di Google Form. Namun, untuk setiap pertanyaan pilihan, maksimal terdiri dari 5 jawaban saja.

9. Apakah Google Form bisa digunakan untuk kuis?

Ya, Google Form sangat cocok digunakan untuk kegiatan kuis, survei, juga voting.

10. Apakah bisa menambahkan gambar pada soal Google Form?

Ya, bisa. Google Form bisa dibuat lebih menarik dan interaktif dengan menambahkan gambar atau video pada setiap pertanyaan.

11. Apakah Google Form bisa digunakan tanpa koneksi internet?

Tidak. Google Form membutuhkan koneksi internet agar bisa diakses.

12. Bagaimana cara menerima notifikasi jika ada pengisian Google Form?

Kita bisa menambahkan google sheet sebagai tautan ‘Responses’ dalam form dan Membuka beberapa add-ins di Google Sheets untuk otomatis menerima email jika ada pengisian yang masuk.

13. Apakah kita bisa mengunci jawaban peserta jika ingin menilai jawaban secara manual?

Ya. Dalam google form, kita bisa memilih untuk mengunci jawaban responden pada data/hasil formulir kita agar tidak dirubah oleh orang lain.

Kesimpulan

Google Form merupakan aplikasi yang sangat mudah dan gratis digunakan untuk membuat formulir online. Ada tiga jenis soal yang bisa dibuat, yaitu Multiple Choice, Checkbox, dan Short Answer dengan cara pembuatan dan karakteristik yang berbeda. Google Form mempunyai kelebihan seperti mudah digunakan, gratis, dapat menampung banyak peserta dan soal serta mudahdibagikan via email atau link. Namun Google Form juga mempunyai kekurangan antara lain terbatas pada fitur dasar, tidak menyediakan fitur pengisian kuesioner offline serta soal dan jawaban mudah disalin serta terbuka untuk umum.

Penutup

Setelah membaca artikel ini, Sobat Sipil dapat memahami cara membuat soal di Google Form dengan lebih mudah dan praktis. Adanya kelebihan dan kekurangan dari Google Form perlu menjadi pertimbangan dalam memilih aplikasi online yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba membuat soal di Google Form!