free web hit counter

Tutorial Termux Pemula: Belajar Command Line di Android

πŸ”πŸ“±πŸ’»

Selamat Datang, Sobat Sipil

Halo Teman-teman! Apakah Anda pecinta teknologi dan ingin mengeksplorasi seluk-beluk perintah baris tanpa harus menggunakan komputer atau PC? Tutorial kali ini membahas aplikasi Termux yang memungkinkan Anda untuk menggunakan perintah baris atau command line pada perangkat Android Anda.

Kali ini, kami akan memperkenalkan cara penggunaan Termux, kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut, serta memberikan tips berguna yang dapat membantu Anda dalam mempelajari bagaimana cara menggunakan aplikasi ini.

Pendahuluan

Dimulai pada awal 2019, aplikasi Android bernama Termux telah menjadi kegemaran bagi massa pengembang dan pengguna yang memiliki minat pada perintah baris. Aplikasi ini memungkinkan para pengguna terhubung ke server jarak jauh, mencoba berbagai macam skrip atau skenario otomatisasi, bahkan mengoperasikan server lokal dari perangkat mobile Android. Semua ini terjadi di mana saja, kapan saja, dengan perangkat yang Anda punya!

Tentu saja, seperti setiap alat teknologi, Termux memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan utama dalam penggunaan Termux adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi perintah baris lengkap tanpa terganggu oleh pelindung atau kendala. Di sisi lain, ada beberapa kekurangan pada aplikasi ini seperti tingkat kesulitan penggunaan pada awalnya, serta keterbatasan dalam penggunaannya (misalnya, tidak cocok untuk pengguna yang tidak memiliki pengalaman dalam menggunakan command line).

Namun, meskipun memiliki kekurangan, Termux tetap menjadi pilihan bagi banyak orang karena keunikannya. Aplikasi tersebut juga cocok digunakan bagi mereka yang ingin mempelajari teknologi perintah baris, mahasiswa yang menyelesaikan tugas menggunakan aplikasi ini, maupun untuk para pengguna yang ingin mencoba pengoperasian server jarak jauh dari perangkat Android.

Sekarang, kita akan membahas lebih rinci keuntungan & kerugian dalam penggunaan aplikasi Termux.

Keuntungan dalam Menggunakan Termux

1. Penggunaan Perintah Baris

Cara kerja Termux sama dengan perintah baris pada Linux atau Unix. Pengguna dapat mengakses kernel dari sistem operasi Android melalui perintah baris dan menjalankan perintah yang akan menghasilkan output seperti, misalnya, pengembalian informasi tentang sistem serta pengaturan. Dan perintah-perintah tersebut bisa dijalankan hanya dengan satu Baris perintah.

2. Shell Configuration and Customizations

Termux juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan apa yang terlihat pada shell. Ada berbagai macam opsi pengaturan shell yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

3. Sistem Operasi Linux dalam Android

Masukkan aplikasi ini sebagai sistem operasi Linux lengkap yang berjalan di platform Android. Dengan kata lain, Termux memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi terminal pada Android dan menjalankan berbagai macam perintah pada sistem Linux yang tentunya dapat membantu pengguna menghasilkan output yang sama jika menggunakan Linux di PC.

4. Kemampuan Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Termux juga membantu Anda menjadi lebih efisien dalam mengeksplorasi dan mengontrol perangkat Android Anda. Hal ini membantu pengguna membuat keputusan yang lebih baik mengenai sistem operasi mereka dan melakukan penyimpanan data yang aman.

5. Kontrol Penuh pada Perangkat Android

Termux membuka pintu bagi pengguna untuk mengakses perangkat Android pada tingkat kerja yang lebih rendah. Dengan kata lain, pengguna tidak hanya dapat menjalankan perintah baris, tetapi juga mengakses direktori yang diperintah dengan akar Android, menghapus batasan keamanan, dan lain sebagainya.

6. Free and Lightweight

Karena Termux merupakan open source software, pengguna tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Termux juga sangat ringan dan cepat ketika dijalankan pada perangkat Android.

7. Evaluator sistem yang luas

Berkat kemampuan Termux, pengguna memiliki kontrol penuh atas perangkat Android-nya baik pada tingkat aplikasi maupun sistem. Hal ini memungkinkan pengguna menghadapi kebijakan yang muncul di perangkat Android, memberinya kontrol dengan pola yang lebih baik atas aplikasi dan sistem operasi mereka.

Kerugian dalam Menggunakan Termux

1. Kesulitan Pada Pemula

Dibanding dengan cara kerja yang sangat sederhana pada GUI Android atau Windows, pengguna perlu mempelajari lebih banyak pengetahuan dan teknik dalam menggunakan perintah baris atau shell. Pengguna cukup berkutat pada kemampuan dan kebiasaan yang menjadi bagian dari penggunaan perintah baris, yang membuat penggunaan Termux sulit bagi pengguna yang tidak terlalu berpengalaman dalam command line.

2. Batasan Fungsionalitas pada Bahasa

Ketika pengguna menggunakannya untuk pemrograman, aplikasi ini membatasi pengguna pada bahasa pemrograman tertentu, terutama ketika pengguna mencari kemampuan tertentu seperti debugging. Batasan fungsionalitas ini dapat membuat pengguna kecewa ketika ingin bereksperimen dengan bahasa pemrograman tertentu yang tidak didukung oleh Termux.

3. Penyimpanan

Memiliki aplikasi yang terlalu kuat bisa menjadi sangat terpenuhi oleh sistem, dan Terminal Termux termasuk dalam kategori ini. Oleh karena itu, untuk menginstal aplikasi di android, membutuhkan ruang penyimpanan yang tersedia yang cukup banyak.

4. Penggunaan Baterai yang Tinggi

Karena aplikasi Termux memungkinkan akses ke sistem operasi Android pada tingkat yang lebih rendah, penggunaan baterai mungkin lebih tinggi pada perangkat Anda.

5. Keterbatasan pada Perangkat Android tertentu

Termux memiliki beberapa batasan di beberapa jenis perangkat Android. Beberapa perangkat Android mungkin tidak mendukung penggunaan aplikasi ini. Ada perangkat tertentu yang memiliki konfigurasi proprieter yang tidak memungkinkan penggunaan Termux.

6. Keterbatasan Kinerja

Termux, seperti setiap software, memiliki keterbatasan dalam kinerja. Kinerja aplikasi ini juga dipengaruhi oleh spesifikasi perangkat, seperti RAM, kapasitas penyimpanan, dan prosesor. Jadi, jika pengguna menggunakan perangkat Android lama atau spesifikasi yang kurang memadai, pengguna mungkin mengalami masalah kinerja saat menggunakan aplikasi ini.

7. Masalah Kompatibilitas dengan Kernel

Terakhir, pengguna Android dengan kernel yang ujung tombak mungkin menemukan bahwa Termux tidak kompatibel atau membentuk konfigurasi sistem operasi yang tidak normal. Ini dapat menghalangi penggunaan aplikasi dan bahkan menyebabkan kerusakan sistem.

Tutorial Termux Pemula: Membuat Command-Line Anda di Android

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Termux, kini saatnya berkonsentrasi pada tutorial Termux dan mendapatkan perspektif yang lebih dalam mengenai cara penggunaan aplikasi ini.

Berikut adalah daftar langkah-langkah yang harus dilakukan oleh para pemula, dengan detail tentang apa yang harus dipelajari dalam langkah tersebut agar menjadi master Termux.

Pemasangan

Langkah penting pertama sebelum memulai menggunakan Termux adalah mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Masuk ke Google Play Store dan cari Termux, kemudian unduh aplikasinya.

Terminal Instalasi

Setelah memasang aplikasi, selanjutnya kita akan melihat tampilan terminal. Terminal adalah tempat di mana pengguna akan mengetikkan perintah baris sehingga aplikasi akan mampu memproses dan menghasilkan output.

Untuk membuka terminal, jalankan aplikasi Termux. Setelah itu, pengguna akan melihat halaman bantuan sebelum akhirnya memasuki rangkaian penggunaan Termux.

Package Instalasi

Setelah semua kebutuhan dasar pada Termux telah terpenuhi, ada beberapa paket penting yang perlu dipasang, seperti python, git, dan wget. Semua paket ini dapat diinstal melalui apt. Jadi, ketikkan perintah di bawah ini pada terminal:

sudo apt-get update Untuk melakukan pembaruan daftar paket
sudo apt-get install python Untuk menginstal paket Python
sudo apt-get install git Untuk menginstal paket Git
sudo apt-get install wget Untuk menginstal paket Wget

Perintah Baris Dasar

Perintah yang paling sederhana dan dapat digunakan adalah echo. Perintah echo diperintahkan dengan cara berikut: echo β€œtext.”

Selain itu, perintah ls juga bermanfaat untuk melihat semua direktori dan file yang tersedia. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, perintah ls merupakan bagian dari perintah baris pada Linux.

Python

Setelah menginstal paket Python, maka pengguna dapat menggunakan bahasa pemrograman tersebut untuk mengeksekusi python. Inilah tujuan utama mengapa pengguna memasang paket Python pada Termux. Di bawah ini adalah contoh bagaimana pengguna dapat menggunakannya:

Python 2:

python

Python 3:

python3

Setelah pengguna mengetikkan nomor versi python, terminal seharusnya akan kembali ke prompt Python.

Git

Git adalah protokol yang sangat populer di kalangan pengembang software untuk mengelola kode mereka. Untuk menggunakan git, pertama-tama pengguna perlu menginstalnya melalui Termux.

Jika sudah terpasang, maka pengguna dapat menggunakan git secara langsung di terminal, dan penggunaan utama Git terkait dengan pengelolaan kode dan pengembangan web. Proses ini melibatkan repo dan source code yang disimpan pada server, sehingga menjadi penting untuk dapat memperbarui rekaman dan memberi tahu pengembang saat ada perubahan signifikan dalam kode.

Sumber Daya Penggunaan Termux

Untuk menjadi ahli Termux, nantinya Anda akan membutuhkan banyak sumber daya penggunaan Termux. Berikut adalah beberapa tutorial Termux yang dianjurkan:

  • Tutorial Termux – https://tutorials.shephertz.com/tutorials/termux-tutorials/
  • Tutorial Spoken Tutorial for Termux – https://spoken-tutorial.org/hindi/english/ComputationalThinking-Part2-Programming-UsingTermux/
  • Tutorial Opensource – https://opensource.com/article/19/6/getting-started-termux

Dengan daftar sumber daya di atas, pengguna dapat memperdalam pengetahuan mereka dan menjadi master Termux.

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. What is Termux?

Termux is an Android terminal emulator and Linux environment app that allows Android OS users to access and command their devices to perform basic and advanced Linux functions and routines.

2. What are some useful commands in Termux?

Some useful commands in Termux includes the following:

  • ls (to list the contents of a directory)
  • cd (to change the directory)
  • cp (to copy a file or directory)
  • mv (to move a file or directory)
  • rm (to remove a file or directory)
  • mkdir (to make a new directory)
  • rmdir (to remove an empty directory)

3. Is Termux free?

Yes, Termux is free and open source software. You can download and use it for free from the Google Play Store.

4. What programming languages are supported by Termux?

Termux currently supports a wide range of programming languages such as Python, Perl, Ruby, Java, and many more.

5. Is it possible to use Termux on a non-rooted Android device?

Yes, Termux can be used on non-rooted Android devices and still run basic Linux commands.

6. How can I improve the performance of Termux?

To improve the performance of Termux, you can try the following:

  • Use a fast and powerful Android device or emulator.
  • Consider upgrading your device’s operating system if possible.
  • Close all other apps and stop all background processes.

7. How safe is it to use Termux?

Termux is a safe application to use, but as with any software, there is always a risk of system crashes, viruses, and other security issues. It is recommended to always use it carefully and protect your device with a reliable security solution.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah bahwa menggunakan aplikasi seperti Termux adalah cara sempurna bagi para pengembang dan pengguna Android yang lebih suka menggunakan perintah baris atau command line. Termux memungkinkan pengguna untuk terhubung ke server jarak jauh, menjalankan aplikasi perintah baris lengkap, bahkan mengoperasikan server lokal dari perangkat Android mereka sendiri.

Kelebihan Termux adalah kemampuannya untuk menjalankan aplikasi perintah baris lengkap tanpa terganggu oleh pelindung atau kendala dan pengaturan shell yang dapat dipersonalisasi. Sedangkan kekurangan Termux adalah k